Stem Cell, Rahasia Kulit Awet Muda


Kemajuan teknologi membawa dampak positif di berbagai industri termasuk industri kecantikan. Teknologi Stem Cell merupakan teknologi kecantikan yang sedang populer sekarang ini. Di kalangan masyarakat, Stem Cell lebih populer dengan sebutan Sel Punca. Meskipun awalnya Stem Cell digunakan untuk kesehatan, namun sekarang telah dikembangkan untuk kecantikan.

Apa itu Stem Cell?

Stem Cell adalah teknologi yang diciptakan untuk memperbaiki sel yang rusak seperti merangsang sel kulit yang terkelupas untuk beregenerasi dengan cepat. Jika seseorang terluka, maka sel tubuh yang terluka menjadi mati. Dengan adanya Stem Cell, sel tubuh yang mati dapat diperbaiki. Namun, perawatan Stem Cell haruslah dilakukan berulang kali.

Jenis-jenis Stem Cell

Berikut tiga jenis Stem Cell atau Sel Punca yang digunakan di Indonesia.
Sel Punca Pluripoten atau Stem Cell Embrionik. Sel Punca Pluripoten memiliki kemampuan untuk beregenerasi menjadi beragam jenis sel. Sel ini juga dapat menghasilkan jaringan yang berasal dari tiga lapisan germinal. Contoh Sel Punca Pluripoten adalah Sel Punca yang berasal dari embrio, baik embrio hewan maupun manusia.
Sel Punca Multipoten. Berbeda dari Pluripoten, Sel Punca Multipoten hanya dapat beregenerasi menjadi beberapa jenis sel saja. MSC atau Mesenchymal Stromal Cell adalah contoh dari Sel Punca Multipoten.
Sel Punca Unipoten. Merupakan Sel Punca yang hanya bisa beregenerasi menjadi satu jenis sel saja.

Dari ketiga jenis Stem Cell tersebut, Sel Punca Multipoten lah yang banyak diteliti oleh para ilmuwan. Hal ini dikarenakan Multipoten dapat berdiferensiasi menjadi sel otot, sel tulang rawan, dan adiposa.

Stem Cell untuk kecantikan

Adipose-derived Stromal Cell (ASC) dan Facelift merupakan jenis Sel Punca Multipoten yang telah dikembangkan sebagai Stem Cell untuk kecantikan. Dengan memanfaatkan jaringan lemak pasien yang telah diekstrasi menjadi Sel Adiposa dan ASC, para ahli menginjeksikan ekstrak tersebut ke area muka yang telah keriput. Misal ke area pipi yang telah kisut. Sebelum menginjeksi, biasanya para ahli akan mencampur ekstrasi ASC dan Sel Adiposa dengan growth factor terlebih dahulu. ASC juga mampu meregenerasi jaringan, meratakan kulit muka yang tidak rata akibat bopeng atau bekas jerawat. Meskipun bermanfaat, penggunaan ASC pada manusia belum dinyatakan aman. Penggunaan ASC juga belum lulus uji coba FDA atau Food and Drug Administration Amerika Serikat.

Manfaat teknologi Stem Cell bagi kehidupan manusia

Meskipun Stem Cell marak digunakan untuk kecantikan, teknologi Stem Cell juga digunakan para dokter untuk mengobati pasien. Apa manfaat Stem Cell bagi kehidupan manusia?
Sakit jantung. Stem Cell sangat berguna bagi orang yang mempunyai penyakit jantung. Dengan adanya transplantasi dari jutaan Stem Cell, kerusakan di jantung bisa teratasi.
Kanker sumsum tulang belakang. Penderita kanker sumsum tulang belakang akan bisa diobati atau bahkan disembuhkan dengan teknologi Stem Cell, yaitu transplantasi sumsum tulang belakang. Tentu saja, transplantasi akan terlaksana dengan bantuan dokter yang ahli.
Penyakit lain seperti penyakit Parkinson, stroke, sklerosis multiple, dan penyakit Huntington (masih diteliti).

Stem Cell di Indonesia

Penggunaan Stem Cell di Indonesia belum dinyatakan aman dan belum lulus uji coba. Serta, Stem Cell belum diatur di Peraturan Menteri Kesehatan. Karenanya, Anda perlu berpikir dua kali untuk mencoba teknologi Stem Cell di Indonesia.

Pada akhirnya, meskipun teknologi Stem Cell diminati, banyak yang tidak memilih untuk mencoba perawatan Stem Cell. Hal ini dikarenakan biaya perawatan Stem Cell yang mencapai ratusan juga untuk sekali perawatan saja.

Belum ada Komentar untuk "Stem Cell, Rahasia Kulit Awet Muda "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel