Waspada Stroke Ringan! Kenali Tanda-tanda dan Gejalanya




Memiliki tekanan darah tinggi dalam waktu yang berkepanjangan sebenarnya membuat Anda harus lebih waspada. Ini bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya stroke ringan. Stroke merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena terhalangnya aliran darah ke otak. Penyakit ini wajib diketahui karena semakin banyak saja orang yang mengidap penyakit ini di jaman sekarang.
Penyakit stroke terkadang memang tidak menimbulkan gejala pada setiap orang. Gejala stroke akan dirasakan secara bertahap tergantung dari tingkat keparahan stroke yang dialaminya. Terdapat beberapa tahapan dari stroke mulai dari stroke ringan, stroke sementara dan yang terakhir adalah stroke tingkat parah atau stroke berat.

Apa Itu Stroke Ringan?

Stroke ringan adalah penyakit yang disebabkan terjadinya penyumbatan pada aliran darah. Karena aliran darah ke otak yang tersumbat, maka orang yang mengalaminya akan memiliki darah dan oksigen yang sedikit di dalam otak. Inilah yang akan memicu terjadinya stroke ringan.
Stroke ringan bisa dialami oleh siapa saja. Oleh karena itu, setiap orang harus mewaspadai terjadinya hal ini. Faktor penyebab stroke bisa berasal dari faktor keturunan atau pun karena gaya hidup yang tidak sehat. Berbagai jenis makanan yang siap saji menjadi favorit bagi banyak orang di jaman sekarang. Itulah yang memicu terjadinya stroke pada kebanyakan orang.

Penyebab Terjadinya Stroke

Penyebab stroke bisa dibedakan menjadi beberapa macam hal. Berikut beberapa faktor yang bisa membuat seseorang mengalami stroke.
1.     Faktor kesehatan
Penyebab stroke dari faktor kesehatan antara lain adalah kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, hipertensi, ataupun karena penyakit jantung bawaan.
2.     Faktor gaya hidup
Orang yang merokok, kurang olahraga, mengkonsumsi obat-obatan terlarang, ataupun karena kecanduan alkohol bisa memicu terjadinya stroke ringan.
3.     Faktor lain
Faktor lain yang membuat seseorang mengalami stroke ringan adalah faktor keturunan dan usia. Semakin bertambahnya usia seseorang semakin beresiko pula ia mengalami stroke ringan

Gejala Stroke Ringan

Stroke ringan menimbulkan beberapa gejala kepada para penderitanya. Hal yang paling dikenali adalah gangguan pada wajah dan kemampuan berbicara. Berikut beberapa gejala stroke ringan yang penting untuk Anda ketahui.
1.     Tidak mampu mengangkat kedua lengan
Gejala pertama yang dialami oleh penderita stroke ringan adalah tidak mampu mengangkat kedua tangan. Ini terjadi karena kemampuan anggota gerak menjadi lemas.
2.     Kesemutan
Kesemutan di beberapa bagian tubuh merupakan salah satu tanda dari stroke ringan.
3.     Kemampuan bicara terganggu
Orang yang mengalami cadel, berbicara tidak beraturan, dan tidak memahami ucapan orang lain bisa jadi sedang mengalami gejala stroke ringan.

Cara Mencegah Stroke Ringan

Apakah stroke ringan bisa disembuhkan? Tenang saja, stroke ringan bisa disembuhkan dengan penanganan terbaik. Anda bisa melakukan penanganan pada stroke ringan.
1.     Berhenti merokok
Penderita stroke ringan biasanya memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Sebisa mungkin, hindarilah merokok dan berhentilah merokok sekarang juga.
2.     Hindarilah makanan berlemak
Makanan berlemak merupakan penyebab penyakit stroke. Berhentilah makan makanan yang digoreng atau makanan yang bersantan.
3.     Minum obat teratur
Jika Anda sudah memeriksakan diri ke dokter, minumlah obat secara teratur
4.     Pijat Refleksi
Banyak orang yang berhasil sembuh dari penyakit stroke ringan dengan melakukan pijat refleksi.
5.     Fisioterapi
Metode pengobatan Fisioterapi dan akupunkur dipercaya bisa melancarkan peredaran darah. Akhirnya, stroke ringan pun bisa disembuhkan.
Penting bagi Anda untuk mengetahui bahaya dari penyakit stroke ringan. Hindarilah penyebabnya dan lakukan pola hidup yang sehat dan seimbang mulai dari sekarang


Belum ada Komentar untuk "Waspada Stroke Ringan! Kenali Tanda-tanda dan Gejalanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel