7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Mengatasi Kolesterol Hingga Morning Sickness


Siapa yang tidak suka dengan buah apel? Buah dengan nama latin Malus domestica ini menawarkan rasa yang beragam. Ada yang sedikit masam meski telah matang, ada pula yang manis seperti madu. Anda bebas memilih jenis buah apel sesuai selera, karena buah ini memiliki banyak sekali jenis yang dapat ditemui di manapun. Ada beragam jenis apel, diantaranya Apel Ceri, Manalagi, Roma Beauty, Fuji, Anna, Golden Delicious, Princess Noble, Granny Smith, Royal Gala.

Apapun jenis buahnya, berdasarkan banyak penelitian, buah apel bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Buah yang mudah ditemui ini kaya akan nutrisi. Kandungan buah apel diantaranya vitamin C, vitamin A, vitamin K, karbohidrat, serat, folat, antioksidan, kalium, flavonoid, air, pectin, dan asam ursolat.

Anda bisa merasakan manfaat buah apel dengan cara apapun, baik dimakan langsung, sebagai salad apel, jus apel, maupun dikreasikan sebagai makanan olahan. Penasaran apa saja khasiat buah apel? Berikut ulasannya!

Manfaat Baik Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat buah apel bagi kesehatan akan terasa jika Anda mengkonsumsinya secara teratur. Berikut manfaat buah apel yang membantu tubuh Anda terjauh dari segala macam penyakit:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari akan membantu mengikat lemak dalam tubuh dan mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Maka dari itu buah ini efektif untuk menurunkan kolesterol.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, mengkonsumsi apel sekaligus kulitnya dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan apel yang kaya akan serat larut dan tidak larut dapat mengobati konstipasi (susah buang air besar). Selain itu, antioksidan pada kulit apel dapat mengaktifkan sel T yang berfungsi mengobati gangguan usus, seperti kolitis ulserativa, bahkan kolorektal (usus besar).

3. Menyehatkan Jantung

Buah apel kaya akan kandungan fitonutrien (nutrisi nabati), pektin, dan antioksidan. Mengkonsumsi satu atau dua buah apel setiap hari dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung, karena dapat meredakan peradangan dan mengurangi penyumbatan pada dinding pembuluh darah arteri.

4. Mengobati Anemia

Bagi Anda yang menderita anemia (kekurangan sel darah merah), mengkonsumsi dua sampai tiga buah apel secara rutin dapat menjadi pilihan efektif untuk meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Mengatasi Gangguan Mata

Sebagaimana diketahui, buah apel mengandung vitamin A yang baik bagi kesehatan mata. Mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat menjauhkan Anda dari gangguan kesehatan, seperti katarak dan degenerasi macular.

6. Menyehatkan Kulit

Buah apel juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Anda dapat mengkonsumsi buah apel secara langsung atau menjadikannya sebagai masker. Kandungan antioksidan serta vitamin pada buah ini dapat menutrisi kulit, mengobati jerawat, dan menghilangkan bekas jerawat

7. Mengatasi Keluhan Ibu Hamil

Manfaat buah apel untuk ibu hamil telah dibuktikan oleh banyak orang. Kandungan nutrisi pada buah apel dapat mengatasi keluhan yang biasanya terjadi pada ibu hamil. Salahsatunya, mengatasi masalah morning sickness. Pada umumnya, di awal masa kehamilan seseorang yang sedang hamil merasakan morning sickness, seperti mual dan muntah. Mengkonsumsi apel merah akan memberikan rasa segar, sehingga mengurangi gejala morning sickness.

Demikian manfaat yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi buah apel. Agar mendapatkan manfaat yang lebih optimal, sebaiknya makan buah apel beserta kulitnya Namun yang perlu diwaspadai adalah jangan mengkonsumsi biji buah apel. Mengapa demikian? Karena biji buah apel mengandung amygdalin yang dapat mengeluarkan sianida ketika bercampur dengan enzim pencernaan. Ketika tubuh terkontaminasi oleh sianida secara berlebihan, maka dapat merusak kesehatan otak, jantung, dan sistem pernapasan. Intinya konsumsi buah apel secara hati-hati dan rutin untuk menyehatkan tubuh Anda.





Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan, Mengatasi Kolesterol Hingga Morning Sickness"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel