Anda Sesak Napas Tapi Tidak Punya Asma? Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit Ini


Sesak napas adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan untuk bernapas. Hal ini memungkinkan seseorang memiliki napas yang pendek. Sesak napas bisa terjadi karena banyak kemungkinan. Salah satunya ialah akibat adanya penyempitan saluran pernapasan. Sesak napas terjadi karena sebagai gejala dari penyakit lain.

Seringkali sesak napas dikaitkan dengan penyakit asma. Orang beranggapan ketika mengalami sesak napas, berarti dia mengidap asma. Padahal, hal itu tidak selalu benar. Faktanya, ada suatu gangguan lain yang menyebabkan adanya gangguan penyakit sesak napas tapi bukan asma. Jika bukan asma, lalu penyakit apa itu?

Penyebab Sesak Napas

Berikut beberapa kemungkinan penyebab sesak napas tiba-tiba:

- Adanya masalah pada bagian paru-paru

- Kedapatan gangguan pada jantung

- Memiliki gangguan kecemasan

- Tersedak makanan atau minuman yang di konsumsi

- Epiglottitis, yaitu adanya pembengkakan pada bagian epiglotis.
Jenis Penyakit yang Menyebabkan Sesak Napas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, sesak napas merupakan sebuah gejala dari suatu penyakit yang diderita seseorang. Terdapat banyak penyakit yang memiliki gejala sesak napas. Terutama penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Berikut jenis penyakit dengan gejala sesak napas:

1. Asma

Asma disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada bronkus yang mengalami pembengkakan dan penyempitan. Hal ini menyebabkan paru-paru memproduksi lendir secara berlebihan. Bagi penderita asma ringan, mereka masih bisa melakukan aktivitas secara normal. Namun jika penderita menderita asma berat maka segala jenis aktivitas terbatas. Contohnya, tidak bisa melakukan kegiatan olahraga lari karena tidak boleh terlalu lelah. Selain itu, si penderita juga tidak boleh naik turun tangga yang tinggi, karena menyebabkan napas tersengal.

2. Disfungsi jantung

Disfungsi jantung atau gagal jantung merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh otot jantung yang tidak bisa memompa darah secara sempurna dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah. Hal ini mengakibatkan darah tidak mampu menyebar ke seluruh bagian tubuh. Penyakit ini dapat dicegah dengan pola hidup, sehat salah satunya dengan rutin berolahraga.

3. Keracunan Karbomonoksida

Keracunan karbonmonoksida terjadi karena seseorang terlalu sering menghirup udara yang tercemar dengan karbonmonoksida. Gas ini sangat beracun dan mudah terbakar. Jika terlalu banyak mengendap di dalam tubuh manusia, hal ini dapat menyebabkan kematian. Karnomonoksida tidak berbau dan berwarna sehingga dengan mudah masuk dalam tubuh tanpa diketahui secara pasti. Zat ini akan ikut serta dalam darah dan merusak sel dan jaringan.

4. Tamponade Jantung

Mungkin, masih banyak orang yang kurang tahu tentang penyakit ini. Tamponade jantung adalah kelebihan cairan pada jantung. Penyebabnya ialah adanya tekanan ekstrem pada organ jantung. Karena tekanan ini, jantung tidak dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu, darah tidak dapat tersalur ke seluruh tubuh secara merata. Kelebihan cairan ini terjadi pada selaput jantung. Resiko terparah dari penyakit ini adalah kematian.

5. Tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi disebabkan oleh pompa darah pada arteri sangat lemah sehingga tubuh kurang mendapatkan oksigen dan nutrisi. Jika seseorang memiliki tekanan darah rendah, maka akan mengalami pusing, mual bahkan sesak napas.

6. Pneumonia

Peneumonia menyerang paru-paru yang dikarenakan oleh virus. Peradangan terjadi pada kantong udara paru-paru.
Cara Mengatasi Sesak Napas

Terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sesak napas, diantaranya :

1. Bernapas menggunakan mulut

Saat sesak napas terjadi, Anda bisa menggunakan mulut sebagai alternatif untuk bernapas. Bernapas menggunakan mulut membantu mengeluarkan udara yang ada dalam paru-paru.

2. Duduk

Saat sesak napas tiba-tiba menyerang, Anda bisa langsung segera mencari tempat duduk terdekat. Karena dengan duduk dapat membantu merilekskan tubuh Anda.

3. Berbaring

Jika sesak napas mendera saat Anda sedang tertidur, yang bisa anda lakukan ialah mengubah posisi tidur Anda. Dimana letak kepala lebih tinggi daripada bagian tubuh lainnya.

4. Berdiri sambil bersandar

Berdiri dengan bersandar pada dinding untuk merilekskan tubuh.
Obat Sesak Napas

Jika sesak napas terjadi, berikut jenis obat untuk mengobatinya. Obat-obatan berikut ini harus didapatkan melalui resep dokter.

- Pemberian antivirus dan anti biotik untuk menjaga system imun pada tubuh.

- Diuretic, merupakan obat sesak napas akibat gagal jantung.

Jadi, penyebab sesak napas bukan hanya karena adanya asma dalam tubuh Anda. Bisa jadi, itu merupakan gejala dari penyakit lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan atau bahkan hal lainnya. Untuk mengetahui secara pasti, segera lakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan obat sesak nafas paling ampuh sehingga cepat sembuh.

Belum ada Komentar untuk "Anda Sesak Napas Tapi Tidak Punya Asma? Bisa Jadi Anda Terkena Penyakit Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel