Hidung Anda Tersumbat? Jangan Panik! Lakukan Ini


Hidung tersumbat adalah jenis penyakit yang sering dialami oleh seseorang. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Bahkan, bayi sekalipun bisa mengalaminya. Hidung tersumbat bisa terjadi ketika sistem imun di dalam tubuh kurang baik. Selain itu, bisa juga dikarenakan faktor lingkungan seperti cuaca yang kurang baik. Penyakit ini terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah di sekitar hidung. Pada saat hidung tersumbat, seringkali keluar ingus dari lubang hidung.
Penyebab hidung tersumbat

Hidung tersumbat terjadi bisa dikarenakan beberapa hal sebagai berikut :

- Influenza

Influenza atau yang lebih akrab dipanggil flu, merupakan salah satu jenis infeksi saluran pernapasan yang memungkinkan seseorang mengalami hidung tersumbat. Flu berhubungan erat dengan organ saluran pernapasan antara hidung tenggorokan dan paru-paru

- Batuk dan pilek

Gangguan ini terjadi pada tenggorokan dan hidung. Biasanya jika seseorang batuk maka akan terjadi penyebaran penyakit seperti terkena pilek yang akhirnya membuat hidung tersumbat.

- Terjangkit sinusitis

Hidung tersumbat bisa menjadi salah satu gejala sinusitis. Apabila batuk pilek terjadi lebih dari 10 hari.

- Alergi

Seseorang yang menderita alergi terutama alergi debu maka akan dengan mudah terkena hidung tersumbat karena bersin-bersin.

- Lingkungan yang terlalu dingin

Saat udara dingin, kehangatan rongga hidung menurun drastis sehingga bisa menyebabkan hidung tersumbat.

- System imun tubuh yang rendah

Jika sistem kekebalan tubuh kurang baik, tubuh akan mudah terserang penyakit. Salah satunya ialah hidung tersumbat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat akan membuat aktivitas Anda terganggu. Sebab, Anda akan merasakan kesulitan saat bernapas. Istirahat pun menjadi tak nyaman. Saat Anda tidur dengan posisi telentang, Anda akan merasakan seolah-olah lubang hidung tertutupi sehingga sulit bernapas. Sementara itu, ketika tidur dengan posisi miring, Anda akan merasakan salah satu hidung merasa lega. Meskipun bisa bernapas, namun hal ini kurang nyaman. Sangat mengganggu bukan? Untuk itu, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa dilakukan. Dengan demikian Anda segera terbebas dari penyakit ini.

- Banyak minum

Dengan banyak minum maka kebutuhan cairan tubuh akan tercukupi. Dengan begitu, lendir yang terdapat pada rongga hidung akan mencair dengan sendirinya dan keluar sebagai ingus. Kadang bisa kental, namun kadang juga bisa seperti air biasa.

- Minum air hangat

Minum air hangat dapat mempercepat proses pencairan lendir yang ada pada rongga hidung. Dengan minum hangat, suhu tubuh akan naik dan rongga hidung menghangat.

- Minum campuran air hangat dengan madu

Siapa yang meragukan manfaat madu? Sudah banyak terbukti manfaatnya. Salah satunya untuk melegakan hidung tersumbat.

- Membuang ingus

Sering-seringlah untuk membuang ingus. Sebab, dengan membuang ingus yang ada dalam rongga lubang hidung dapat mengurangi sumbatan pada hidung. Namun, harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak tulang rawan hidung.

- Menghirup uap hangat

Biasanya dokter akan menyarankan untuk terapi uap ini bagi anak-anak untuk mengencerkan dahak yang menyumbat hidung. Uap itu akan masuk pada rongga hidung dan mengencerkan lendir. Terapi ini lebih efektif untuk anak-anak.

- Tidur dengan menggunakan tambahan bantal

Hal ini dilakukan agar posisi kepala lebih tinggi dari organ tubuh lainnya. Posisi seperti ini akan meringankan Anda untuk bernapas.

- Mengkonsumsi obat-obatan

Obat-obatan pereda hidung tersumbat ialah ibuprofen dan paracetamol. Obat-obatan ini bisa dibeli di apotek atau sesuai dengan anjuran dokter

- Menggunakan obat semprot hidung

Penggunaan obat ini bertujuan untuk mencairkan lendir dengan cara menyemprotkan obat tersebut pada lubang hidung. Obat semacam ini dinilai lebih cepat meredakan hidung tersumbat daripada obat padat atau cair yang diminum.

- Melakukan pemijatan

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan pijatan ialah dengan menekan beberapa bagian seperti lubang hidung, tulang pipi dan telinga. Tak hanya orang dewasa saja, namun pemijatan juga bisa dilakukan pada anak atau bayi. Namun, cara pijat hidung tersumbat pada bayi harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati.

- Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu meringankan hidung tersumbat juga merilekskan tubuh.

Hidung tersumbat memanglah sangat mengganggu aktivitas. Namun sekarang Anda tidak perlu panik lagi. Terdapat berbagai macam cara untuk meredakannya. Namun, apabila hidung tersumbat tak kunjung sembuh ada baiknya untuk segera pergi ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "Hidung Anda Tersumbat? Jangan Panik! Lakukan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel