Ini Cara Mengatasi Kesemutan yang Berkepanjangan



Hampir semua orang pernah mengalami kesemutan. Apa yang dimaksud dengan kesemutan? Kesemutan adalah kondisi tubuh merasakan kebas, mati rasa, dan panas seperti tertusuk jarum akibat tertekannya saraf dalam waktu lama.

Biasanya kesemutan terjadi setelah duduk bersila dalam jangka lama dan hanya bersifat sementara (paresthesia temporer) karena akan hilang sendiri setelah penekanan saraf dihilangkan. Namun pada kasus tertentu, kesemutan bisa terjadi secara berkepanjangan dan merupakan indikasi adanya penyakit tertentu (parathesia kronis). Maka dari itu, kita harus dapat membedakan antara kesemutan yang wajar dengan kesemutan sebagai tanda adanya suatu penyakit.

Penyebab Kesemutan Sementara dan Cara Mengatasi

Kesemutan sementara dapat terjadi pada semua anggota tubuh, terutama lengan dan kaki karena mengalami tekanan dalam waktu yang lama. Akibatnya, pasokan darah yang seharusnya mengalir ke saraf tersebut menjadi terhambat. Pada kondisi kesemutan yang sifatnya sementara, Anda tidak perlu khawatir, karena akan hilang setelah membebaskan bagian yang kesemutan dari tekanan.

Cara mengatasi kesemutan yang bersifat sementara adalah dengan mengubah posisi Anda, kemudian lakukan pemijatan secara lembut.

Penyebab Kesemutan Berkepanjangan dan Cara Mengatasi

Anda tidak bisa meremehkan kesemutan yang terjadi berkepanjangan, karena bisa jadi ini merupakan indikasi penyakit dalam tubuh. Beberapa faktor penyebab kesemutan berkepanjangan diantaranya:

1. Menderita Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit yang menyebabkan kesemutan terus-menerus, diantaranya: gangguan ginjal, diabetes, stroke, penyakit hati, tumor otak, kanker, kompresi saraf ulnaris, ketidakseimbangan hormon, multiple sclerosis, dan carpal tunnel syndrome.

2. Efek Samping Obat-Obatan

Obat-obatan yang Anda konsumsi juga berpotensi menyebabkan kesemutan berkepanjangan. Misalnya, antibiotik, obat anti kejang, obat-obatan kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker payudara dan limfoma, dan obat untuk penyakit HIV/AIDS.

3. Terkena Zat Beracun

Jika Anda terkena zat racun, maka Anda berpotensi mengalami kesemutan secara berkepanjangan. Beberapa zat beracun tersebut, diantaranya talium, merkuri, timbal, arsenik, dan beberapa bahan kimia industrial lainnya.

4. Tubuh Kekurangan Nutrisi

Pola hidup yang tidak sehat, seperti kekurangan vitamin B 12 dan minum alkohol, dapat menyebabkan Anda mengalami kesemutan yang berkepanjangan.

Berikut cara mengatasi kesemutan yang berkepanjangan:

1. Cukupi Kebutuhan Vitamin B bagi Tubuh

Vitamin B, terutama B6 dan B12 merupakan vitamin terbaik untuk mengatasi kesemutan yang berkenpanjangan. Anda dapat memperoleh vitamin B dengan mengkonsumsi makanana, sepetrti telur, ikan, oatmeal, keju, dan susu.

2. Meningkatkan Kadar Magnesium

Magnesium adalah mineral yang berfungsi mencegah kerusakan saraf, maka dari itu untuk mengatasi kesemutan yang berkepanjangan Anda harus memastikan kadar magnesium dalam tubuh tercukupi. Magnesium dapat diperoleh dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, alpukat, pisang, dan sayuran hijau.

3. Menggunakan Obat Alami

Di apotik memang tersedia obat untuk mengatasi kesemutan dan gangguan saraf, namun akan lebih baik jika Anda menggunakan pengobatan alami untuk mengurangi resiko efek samping. Cara mengobati kesemutan secara tradisional adalah dengan mengkonsumsi jahe dan kunyit secara rutin.
Jahe merupakan tanaman herbal bersifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kesemutan dan meningkatkan suplai darah. Begitu pula dengan kunyit yang terbukti mampu mengurangi kesemutan dan menstabilkan kadar gula dalam tubuh.

4. Mengompres dengan Air hangat

Mengompres area kesemutan dengan air hangat dapat membantu memperlancar aliran darah dan membuat otot lebih tenang. Anda bisa mengompres area kesemutan selama 5 sampai 7 menit

5. Olahraga secara teratur

Berbagai olahraga ringan, seperti jogging, bersepeda, senam, dan renang dapat membantu memperlancar peradaran darah dan mengontrol kadar gula dalam darah. Olahraga juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

6. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Tidak diragukan lagi bahwa air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh. Meminum air putih minimal 8 gelas dalam sehari akan membantu Anda mengatasi kesemutan yang berkepanjangan. Air akan menambah ion tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kondisi tubuh yang stabil setelah meminum air putih dapat mengurangi terjadinya kesemutan.

Demikian cara mengatasi kesemutan sementara dan berkepanjangan. Kesemutan sebenarnya merupakan signal yang dikirim oleh tubuh agar Anda mengetahui bahwa ada yang salah dengan perlakuan Anda terhadap tubuh. Penggunaan celana jeans terlalu ketat, bekerja mengetik di komputer tanpa istirahat juga menyebabkan kesemutan pada sebagian orang. Hal paling penting adalah tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari segala macam gangguan tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Ini Cara Mengatasi Kesemutan yang Berkepanjangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel