Inilah Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah yang Luar Biasa


Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan cuka apel. Hasil fermentasi dari sari buah apel ini telah lama digunakan sebagai produk kesehatan. Bahkan tren saat ini cuka apel juga dimanfaatkan dalam bidang kecantikan. Manfaat cuka apel untuk wajah secara umum adalah sebagai antibakteri dan antiseptik yang dapat mengatasi semua jenis masalah kulit wajah. Selain itu, keasaman pada cuka apel dipercaya mampu menyeimbangkan pH pada kulit. Anda tertarik untuk melakukan perawatan wajah menggunakan cuka apel? Berikut cara perawatan wajah menggunakan cuka apel.

Perawatan Wajah dengan Cuka Apel

Menggunakan cuka apel sebagai perawat wajah diperlukan cara yang tepat agar memperoleh hasil maksimal. Berikut manfaat cuka apel untuk wajah dan cara menggunakannya yang bisa Anda coba:

1. Mengobati Iritasi Akibat Paparan Sinar Matahari

Aktivitas seharian di luar ruangan menyebabkan kulit tidak bisa terhindar dari paparan sinar matahari. Akibatnya, kulit mengalami kerusakan berupa iritasi sekaligus kemerahan atau biasa disebut dengan ‘terbakar’. Mengatasi masalah ini Anda bisa menggunakan cuka apel. Sifat astringent yang dimiliki cuka apel akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Caranya:

Campurkan setengah cangkir cuka apel dengan empat cangkir air. Kemudian oleskan larutan ini pada area yang mengalami iritasi akibat sinar matahari dengan menggunakan kapas atau kain lembut. Lakukan cara ini beberapa kali sampai kondisi kulit kembali baik.

2. Mengobati Jerawat

Cuka apel memiliki kandungan anti bakteri dan antiseptik, maka dari itu mengobati jerawat dengan cuka ini dapat menjadi pilihan yang efektif. Selain itu, kandungan Alpha Hidroxy Acid dan Acetic Acid pada cuka apel juga dapat menjaga kesehatan pori-pori, sehingga terbebas dari bakteri penyebab jerawat, polusi, maupun debu.

Caranya:

Campurkan satu sendok cuka apel dengan dua cangkir air. Kemudian oleskan pada area berjerawat menggunakan kapas secara perlahan. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Hal yang perlu diperhatikan, cuci wajah dan tangan secara bersih sebelum melakukan cara ini. Lakukan perawatan ini dua kali sehari.

3. Menghilangkan Noda Pada Wajah

Pada umumnya noda pada wajah disebabkan oleh hitam bekas jerawat atau penuaan dini. Kandungan Alpha Hidroxy Acid pada cuka apel dapat membantu mempercepat regenerasi kulit, sehingga noda pada wajah menjadi cepat hilang.

Caranya:

Campurkan satu sendok cuka apel dengan dua cangkir air, kemudian oleskan pada noda wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Ulangi perawatan ini beberapa kali dalam seminggu agar diperoleh hasil yang maksimal.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati dan Melembutkan

Bagi Anda yang rutin melakukan scrub wajah, mulai saat ini Anda bisa menambahkan cuka apel sebagai campuran scrub. Kandungan Alpha Hidroxy Acid pada cuka apel dapat memperhalus kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya:

Campurkan 1 sendok cuka apel, 1 sendok teh air lemon, dan 1 sendok gula. Aduk hingga rata sampai berbentuk pasta. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah mongering bilas menggunakan air dingin.

5. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Cuka apel dapat menjadi pilihan toner berbahan alami. Bagi Anda yang memiliki kulit dengan minyak berlebih, sifat astringet dalam cuka apel dapat menghambat produksi minyak sekaligus mengecilkan pori-pori. Sebagaimana fungsi toner, cuka apel akan berfungsi menyeimbangkan pH kulit wajah Anda.

Caranya:

Campurkan 8 sendok makan cuka apel dengan 16 sendok makan, perbandingan 1:2. Kemudian masukan larutan ke dalam botol spray bersih. Anda bisa menambahkan minyak esensial sesuai aroma kesukaan Anda. Semprotkan larutan pada kapas dan gunakan sebagaimana melakukan toning wajah biasanya.

Itulah informasi mengenai manfaat cuka apel sebagai perawatan wajah beserta caranya. Lakukan perawatan wajah dengan cuka apel ini secara rutin dan jangan terburu-buru. Cuka apel merupakan bahan alami, sehingga pada beberapa kasus membutuhkan waktu lama sampai terlihat hasilnya. Berbeda jika Anda menggunakan bahan kimia. Menggunakan cuka apel sebagai perawatan wajah adalah cara aman bagi kesehatan wajah.

Belum ada Komentar untuk " Inilah Manfaat Cuka Apel untuk Perawatan Wajah yang Luar Biasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel