Mengalami Kaku Leher dan Sakit Kepala Terus-Menerus? Waspada Gejala Meningitis


Tepat pada tanggal 27 Maret 2015 silam, sebagian dari kita mungkin masih mengingat penyebab meninggalnya komedian terkenal Indonesia, Olga Syahputra. Ya, komedian tersebut dikabarkan menderita penyakit meningitis dan harus dirawat selama 329 hari di Rumah Sakit Mounth Elizabet, Singapura. Meski tidak sepopuler penyakit tropis lainnya, seperti demam berdarah, tifus, TBC, namun meningitis merupakan penyakit berbahaya yang patut diwaspadai.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, pada tahun 1996-1997 pernah terjadi wabah meningitis terbanyak dalam sejarah, yakni 250.000 kasus dengan jumlah kematian mencapai 25.000. Data menyebutkan bahwa setiap kasus meningitis berpotensi mengalami kematian apabila tidak segera ditangani. Maka dari itu kali ini kita akan membahas pencegahan, gejala, dan pengobatan untuk meningitis.

Apa Itu Meningitis?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan penyakit meningitis? Menginitis adalah peradangan selaput otak dan sumsum tulang belakang akibat terinfeksi oleh virus, jamur, atau bakteri.

Gejala Menderita Meningitis

Adapun gejala dari meningitis atau radang selaput otak sebagai berikut:

· Sakit kepala berat secara terus-menerus

· Muntah disertai demam tinggi hingga menggigil

· Linglung

· Leher kaku dan nyeri

Penyebab Terinfeksi Meningitis

Meningitis merupakan penyakit akibat virus, bakteri, atau jamur. Virus meningitis disebabkan oleh virus herpes simplex, virus herpes influenza, virus varicella zoster, virus West Nile, virus limfositik koriomeningitis, dan virus campak (mumps dan measles). Sedangkan bakteri penyebab infeksi meningitis, diantaranya Neisseria meningitidis, Haemophilus influenzae, Streptococcus pneumoniac, Listeria monocytogenes, Escherichia coli, Klebsiella sp., dan Streptococcus grup B.

Beberapa faktor yang memperbesar potensi terkena infeksi meningitis, yakni:

1. Tidak mendapatkan vaksin meningitis

2. Lemahnya sistem kekebalan tubuh

3. Baru selesai menjalani transplantasi sumsum tulang belakang

4. Pernah menderita penyakit diabetes

Pencegahan Agar Tidak Terkena Meningitis

Sebelum positif terkena meningitis sebaiknya Anda melakukan pencegahan meningitis dengan menerapkan pola makan sehat, olahraga secara teratur, memenuhi kebutuhan istirahat, dan melakukan vaksin meningitis. Beberapa nama vaksin meningitis adalah:

1. Vaksin meningitis B. Vaksin yang melindungi tubuh dari bakteri meninggococcal tipe B

2. Vaksin pneumococcal. Vaksin yang memberikan perlindungan terhadap bakteri pneumococcal.

3. Vaksin Hep B. Vaksin yang melindungi tubuh dari bakteri Haemophilus influenzae tipe B

4. Vaksin Hib/Men C. Vaksin yang melindungi pasien dari bakteri meningococcal grup C.

5. Vaksin MMR. Vaksin yang berfungsi untuk mencegah timbulnya pemicu meningitis, seperti gondongan, campak, dan rubella.

6. Vaksin ACWY. Vaksin ini memberikan perlindungan pada pasien terhadap bakteri meningococcal grup A, C, W, dan Y.

Pengobatan Penyakit Meningitis.

Apakah meningitis bisa sembuh? Meningitis yang disebabkan oleh virus pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya. Sedangkan meningitis akibat bakteri membutuhkan waktu penyembuhan dan penanganan dokter. Pemberian obat meningitis harus disesuaikan dengan penyebab meningitis.

1. Meningitis yang disebabkan virus. Pada umumnya meningitis ini dapat pulih dengan sendirinya. Namun, jika kondisi parah, maka dokter akan meresepkan obat golongan antiviral, seperti acyclovir. Kemudian dokter akan menganjurkan untuk istirahat secara cukup dan banyak mengkonsumsi air putih.

2. Meningitis yang disebabkan bakteri. Pengobatan pada meningitis ini dilakukan dengan cara memberikan antibiotik atau kortikosteroid sesuai jenis bakteri yang menginfeksi untuk mengurangi terjadinya komplikasi. Beberapa obat antibiotik yang umum diberikan adalah golongan sefalosporin, seperti cefotaxim dan ceftriaxone.

3. Meningitis yang disebabkan jamur. Pada umumnya obat yang diberikan adalah obat anti jamur, seperti amphotericin B atau fluconazole.

Separah apapun penyakit yang kita derita, tentu ada kesempatan untuk sembuh. Sebab, setiap penyakit pasti ada obatnya, termasuk meningitis. Pahami gejalanya, jika Anda merasa mengalami beberapa gejala tersebut segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.




Belum ada Komentar untuk "Mengalami Kaku Leher dan Sakit Kepala Terus-Menerus? Waspada Gejala Meningitis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel