Sering Mengalami Nyeri di Punggung Bawah? Waspada Terkena Penyakit Ginjal


Setiap organ tubuh memiliki peran pentingnya masing-masing dan saling berkaitan satu dengan lainnya. Apabila ada salah satu organ tubuh yang mengalami gangguan, maka fungsi kerja organ yang lain juga akan terganggu. Salah satu organ tubuh yang memiliki peran besar dalam tubuh adalah ginjal. Organ ekskresi berbentuk mirip kacang dengan panjang 11 sentimeter ini berfungsi untuk menyaring kotoran dari semua makanan yang terserap oleh darah.

Setiap makanan dan minuman yang masuk ke tubuh tentu tak lepas dari kotoran. Bisa dibayangkan, apa yang terjadi pada tubuh ketika ginjal manusia, sang penyaring kotoran ini mengalami gangguan. Semua sisa limbah yang menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan penyakit dengan gejala nyeri di punggung bawah, muntah, lemas, sesak napas, dan pembengkakan pada pergelangan kaki. Pada artikel kali ini, kita akan bahas mengenai fungsi ginjal, penyakit ginjal disertai penyebabnya.

Fungsi Ginjal Pada Manusia

Pengertian ginjal adalah sepasang organ sebagai saluran kemih dengan bentuk mirip kacang yang memiliki lengkukan menghadap kedalam. Letak ginjal berada di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Adapun fungsi ginjal adalah sebagai berikut:

1. Penyaring limbah tubuh yang dibawa oleh darah

2. Menyeimbangkan kadar mineral, garam, cairan, dan asam dalam darah

3. Memproduksi hormone eritropetin yang berfungsi membentuk sel darah merah

4. Memproduksi enzim renin untuk mengatur tekanan darah

5. Memproduksi senyawa aktif untuk menjaga kesehatan tulang

Penyakit Ginjal Pada Manusia

Penyakit ginjal adalah kondisi organ ginjal sedang mengalami gangguan, sehingga mempengaruhi kinerja ginjal. Beberapa jenis penyakit dan penyebab penyakit ginjal, yakni:

1. Batu ginjal

Ginjal mengalami masalah dalam penyaringan garam dan mineral, sehingga keduanya mengeras dan membentuk batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh urine yang terlalu pekat.

2. Infeksi ginjal

Bakteri yang berasal dari kandung kemih naik dan menyebar ke salah satu atau kedua ginjal, sehingga menyebabkan infeksi. Hal ini disebabkan oleh komplikasi infeksi saluran kemih.

3. Ginjal Poliklistik

Tumbuh kista yang menempel pada ginjal, sehingga menurunkan fungsi ginjal. Penyakit ini disebabkan oleh keturunan atau penyakit genetik.

4. Gagal ginjal

Ginjal tiba-tiba tidak dapat berfungsi secara normal. Apabila tidak segera ditangani, maka akan terjadi penumpukan garam dan zat kimia berbahaya dalam tubuh. Hal ini pada umumnya disebabkan oleh penyumbatan urine dan kurangnya aliran darah.

5. Sakit Ginjal Kronis

Terjadi penurunan fungsi ginjal. Kondisi ini terjadi secara bertahap, pada stadium 1 sampai 3, orang jarang menyadari bahwa dirinya sedang mengalami sakit ginjal. Sakit akan terasa pada stadium lanjut.

Gejala Umum Sakit Ginjal

Terdapat beberapa jenis penyakit ginjal, namun secara umum penyakit ginjal mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Maka dari itu, berikut gejala umum seseorang mengalami sakit ginjal:

· Pergelangan kaki dan sekitar mata mengalami pembengkakan

· Hilangnya nafsu makan disertai muntah

· Berat badan menurun drastis

· Berkurangnya volume urine dan frekuensi buang air kecil

· Mengalami urine berbusa

· Badan terasa lelah dan sesak napas

· Kulit menjadi kering dan gatal

· Tungkai mengalami kram otot

· Mengalami insomnia

· Mengalami tekanan darah tinggi

· Jantung berdetak kencang

· Mengalami dehidrasi, terjadi pada penderita gagal ginjal akut

· Urine bercampur darah dan punggung bawah terasa nyero, terjadi pada penderita infeksi ginjal, ginjal polikistik, dan batu ginjal

· Demam disertai menggigil, terjadi pada penderita batu ginjal dan infeksi ginjal

Itulah penjelasan mengenai fungsi ginjal dan penyakit pada ginjal. Semua jenis penyakit pada ginjal bermula dari pola hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, sebelum terkena penyakit ginjal atau meringankan sakit ginjal, mulailah untuk bergaya hidup sehat, yakni cukupi kebutuhan cairan, makan makanan sehat, dan olahraga secara teratur. Jangan biarkan organ ginjal, sang penyaring limbah tubuh Anda mengalami sakit.

Belum ada Komentar untuk "Sering Mengalami Nyeri di Punggung Bawah? Waspada Terkena Penyakit Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel