Tak Hanya Enak, Buah Kurma Punya Sederet Manfaat Bagi Kesehatan


Tahukah Anda manfaat buah kurma? Buah yang berulang kali disebut dalam Al-Qur’an ini telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, dalam hadist Shahih Buhari dan Muslim dijelaskan manfaat kurma ajwa, Nabi Muhammad SAW. bersabda, ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu tidak akan terkena racun atau shir’.

Khasiat luar biasa dari buah kurma didukung oleh kandungannya yang kaya nutrisi, diantaranya Vitamin A, vitamin K, vitamin thiamin, riblovavin, niacin, folat, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, sodium, magnesium, dan zinc. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa buah kurma adalah sumber energi, serat, dan gula. Apa saja penyakit yang dapat diobati dengan buah kurma?

Manfaat Buah Kurma untuk Pengobatan

Selain identik dengan santapan yang baik untuk berbuka puasa, ternyata buah kurma juga dapat mencegah dan menyembuhkan gangguan penyakit pada tubuh, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengobati Penyakit Pencernaan

Pada 100 g kurma rata-rata mengandung 6,7 gram serat. Hal ini dapat membantu Anda untuk menyembuhkan beragam penyakit pencernaan, seperti sembelit. Kandungan serat yang tinggi dapat mempermudah usus untuk mencerna makanan, sehingga Anda terbebas dari masalah pencernaan.

2. Mencegah Penyakit Tulang

Seiring bertambahnya usia, berbagai macam penyakit dapat mengancam kesehatan tulang, seperti osteoporosis. Maka dari itu, alangkah baiknya mulai dari sekarang Anda rutin mengkonsumsi kurma. Karena kurma kering mengandung magnesium, selium, mangan, dan tembaga yang dapat menyehatkan dan menguatkan tulang.

3. Menstabilkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang sedang mengalami tekanan darah tinggi, kurma dapat menjadi alternatif untuk menstabilkan darah. Kandungan mineral dan potasium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, magnesium dapat melemaskan otot di jantung dan pembuluh darah. Hasilnya tekanan darah tinggi Anda menjadi stabil kembali.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Pada 100 g buah kurma mengandung 696 mg potassium yang dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu, kurma juga mencegah terjadinya plak pada otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer.

5. Mencegah Masalah Kulit

Ternyata Anda juga akan memperoleh manfaat kurma untuk kecantikan yakni terbebas dari masalah kulit. Kandungan vitamin C dan vitamin D pada buah kurma sangat baik bagi kesehatan kulit Anda, diantaranya sebagai anti aging, mengobati jerawat, flek hitam, dan lain sebagainya.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Buah kurma juga mengandung antioksidan cukup tinggi yang dapat mengangkat kolesterol pada arteri. Ketika arteri terbebas dari kolesterol, maka kesehatan jantung juga dapat terjaga. Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal National Center for Biotechnology Information bahwa buah mengkonsumsi buah kurma dapat menurunkan potensi terkena jantung coroner.

7. Meningkatkan Vitalitas dan Kesuburan

Bagi pasangan yang merencanakan kehamilan, buah kurma dapat menjadi solusi untuk meningkatkan vitalitas dan kesuburan. Kandungan buah kurma, terutama kurma muda merah dipercaya dapat meningkatkan vitalitas pada laki-laki. Selain itu, buah kurma juga mengandung hormon oksitosin dan botosi yang membantu proses reproduksi serta meningkatkan reaksi peristaltik pada pembuluh darah uterus.

Menggunakan bahan alami, seperti kurma sebagai sarana penyembuhan dapat membebaskan Anda dari ancaman efek samping yang biasanya ditimbulkan oleh pengobatan kimia. Namun perlu diingat bahwa hasil pengobatan kurma tidak secepat obat-obatan kimia. Maka dari itu, lebih baik konsumsi buah kurma sejak dini sebagai sarana pencegahan sebelum terkena penyakit. Anda pun harus mengonsumsinya secara teratur supaya hasilnya bisa dirasakan.

Belum ada Komentar untuk "Tak Hanya Enak, Buah Kurma Punya Sederet Manfaat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel